Minggu, 14 Juli 2024 15:16 WIB

Denkesyah Singaraja Melaksanakan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan (BHD) di Kodim 1617/Jembrana.

Minggu, 30 Juni 2024 12:27:45

Oleh: aryo | 37 view


 Jembrana - Di laksanakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan Tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang diselenggarakan oleh Denkesyah  Singaraja kepada anggota Kodim 1617/Jembrana.(8/6/24)

Acara di hadiri  Dandim 1617/Jembrana (Letkol Inf M. Adriansyah S.I.P., M.I.P).
-  Kasdim 1617/Jembrana (Mayor Inf I Gd Pt Wira Mahardika).
- Perwira Staf Kodim 1617/Jembrana.
- Danramil Jajaran Kodim 1617/Jembrana.
- Tim Penyuluh dari Denkesyah 09.04.03 Singaraja yang dipimpin Lettu Ckm drg. Nugroho. 
- Bintara dan Tamtama, serta PNS Kodim 1617/Jembrana.
- Perwakilan anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXVI Dim 1617/Jembrana dengan jumblah sekitar 65 Orang. 

Dalam sambutanya Dandim 1617/Jembrana menyampaikan Terimakasih kepada tim yang sudah datang0 di Kodim 1617/Jembrana untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Bantuan Hiduo Dasar (BHD) kepada anggota kami. 
Harapan saya di kesempatan pagi ini rekan-rekan silahkan banyak bertanya kepada pemateri dalam hal, ini dokter Adi dengan rekan-rekan tentang apa saja yang harus diwaspadai mengenai masalah penyakit yang keras atau jantung yang banyak terjadi kepada prajurit TNI terutama TNI AD.  PPL

 Banyak rekan-rekan kita yang belum tahu batas kemampuan masing-masing ritme jantungnya kemampuan denyut nadinya dalam melaksanakan smapta dan yang lain-lain itu banyak yang belum tahu sampai dimana kemampuan kita.

Banyak sekali korban prajurit di luar tempur kalau istilahnya kalau di kita dalam militer itulah korban prajurit non tempur yaitu contohnya adalah kecelakaan sakit termasuk kegiatan meninggal mendadak dalam hal ini jantung, hampir 30% seluruh Indonesia prajurit TNI AD rekan-rekan harus tahu saya tadi dapat informasi dari dokter contohnya ada orang yang versinya terbiasa di bawah 90 normatifnya kan 110 sampai 120 normalnya bagi umur-umur 30 ke atas ada yang 130 itu batas maksimal dari kita akan tetapi kita tidak tahu makanya kalau dalam kegiatan semapta selalu dilaksanakan pengecekan.ucapnya.

 Masih Dandim 1617/Jembrana Oleh karena itu kita harus tahu masing-masing individu sejauh mana kemampuan kita jangan sampai karna ketidak tauan kita akan berakibat fatal dan menjadi salah satu korban karna ketidak tauan kita , jadi nanti silakan ditanyakan ada kesempatan seperti ini kesempatan bisa bertemu langsung dengan dokter konsultasi gratis kalau konsultasi di rumah sakit kan bayar kalau ini dokter Ada langsung tinggal tanya ya langsung saja karena apa untuk masa kita apalagi kita ke depan makin banyak pasti ada banyak kendala dan saya tahu sudah laporan saya beberapa anggota kita ada yang sakit diabet ya Ada beberapa anggota nanti juga boleh konsul itu tanyakan apa sih pola hidup sehat saya dengan saya yang saat ini sudah menolak penyakit diabetes saya harapkan apa yang ada dilaksanakan oleh para tim kesehatan dari Denkesyah Singaraja semuanya bisa bermanfaatnuntuk kita semua. tutupnya.

Acara di lanjutkan Penyuluhan Kesehatan BHD oleh dr. M. Taufikurrahman dan tanya jawab dengan materi Tanda Gejala Penyakit Jantung.  dan RJP.

"Iya menjelaskan Tanda & Gejala Penyakit Jantung diantaranya :
1) Jantung Berdebar-debar Atau Dikenal Dengan Palpitas, Gejala Jantung Ini Terasa Seperti Dada Di Remas-remas. 
2) Ada Rasa Mual Dan Muntah. 
3) Sesak Nafas Saat Beraktifitas Dan Istirahat, Yang Biasanya Disertai Don Rasa Lemas, Jantung Berdebar, Bahkan Mengalami Pingsan. 
4) Berkeringat Dingin Dan Perasaan Mudah Lelah. 
5) (Khas) Nyeri Dada Sebelah Kiri Menjalar Ke Bahu, Punggung & Lengan Kiri Penderita Biasanya Merasakan Sakit Seperti Ditimpa Beban Berat, Rasa Sakit Dan Perasaan Seperti Teriepit Atau Terbakar Di Dada dan Kaki Bengkak sekaligus praktek Resusitasi Jantung Paru (RJP) ".

Selama kegiatan berlangsung dengan tertib,  aman, dan lancar.

(Agus R)

 

Komentar Anda

BACA JUGA