Rabu, 28 Februari 2024 23:29 WIB

Tokmas Provinsi Banten H.Buya Sujana Karis, Menampung Aspirasi Tokoh Suku Baduy

Minggu, 09 Juli 2023 12:40:32

Oleh: aryo | 209 view

 


Lebak-Banten.Tabloidtipikor.com /
Tokoh Provinsi Banten H.Buya Sujana Karis yang akrab di sapa (Aka), tampung aspirasi tokoh kasepuhan suku Baduy Dalam, yang akrab disapa (ayah Mursid) di Baduy Dalam. Silaturahminya kali ini, kasepuhan suku Baduy Ayah Mursid, menyampaikan keluh kesah soal rusaknya jalan Poros Desa Kebon Cau Kecamatan Bojongmanik Kabupaten Lebak-Banten, yang saat ini butuhnya perbaikan dari Pemerintah terkait.

Acara silaturahmi tersebut, selain hadirnya salah satu Tokoh Provinsi Banten (Aka) H. Buya Sujana Karis, dihadiri juga oleh seluruh kalangan aktivis Banten, dan Tokoh Kasepuhan suku Baduy dalam (ayah Mursid), dan Pamong Desa (Ayah Arji).

Tokoh Kasepuhan Suku Baduy Dalam, (Ayah Mursid) menyampaikan kepada awak media, melalui salah satu Tokoh Provinsi Banten (Aka) H.Buya Sujana Karis,
"Keluhan kami yang saat ini yaitu jalan Poros Desa, karena jalan tersebut, mengalami kerusakan yang sangat parah. Dan jalan tersebut, merupakan jalan pintu kelima menuju suku Baduy Dalam, yaitu di Kp.Cikesik, dan Kp.Cibeo, serta Kp.Cikartawana. Lokasi jalan tersebut menuju wisawatan binong raya mandiri. Kami sangat berharap, penyampaian aspirasi kami ini, melalui salah satu Tokoh Provinsi Banten yaitu (Aka) H.Buya Sujana Karis, ingin jalan tersebut secepatnya dibangun oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat", Harapnya.

Lebih lanjutnya Ayah Mursid,
"Dan Kami juga dari salah satu Tokoh Kasepuhan suku Baduy Dalam beserta masyarakat, sangat memohon kepada
pemerintah terkait. Diharapkan keluh kesah kami ini, segera di lakukan upaya pengecekan dan secepatnya dapat segera di realisasikan, yang di peruntukan jalan poros Desa kebon cau, yang saat ini jadi perbincangan seluruh masyarakat
Suku Baduy dan warga kp.binong raya koranji dan sekitarnya. Jalan tersebut, merupakan akses menuju wisatawan Binong raya, sekaligus pintu ke lima menuju kasepuhan suku Baduy dalam". Tambahnya. 

Dalam hal ini, Salah satu Tokoh Provinsi Banten H.Buya Sujana Karis atau yang akrab di sapa (Aka), menanggapi aspirasi yang di sampaikan Kasepuhan dan tokoh  Suku Baduy, serta masyarakat,
"Saya sangat menanggapi dan menampung aspirasi, serta mendengarkan keluh kesah dari masyarakat dan Kasepuhan dan Tokoh suku Baduy. Dan saya, akan segera menyapaikan kepada pihak pemerintah pusat maupun daerah. Saya juga akan upayakan jalan poros Desa kebon cau, Kecamatan bojongmanik kabupaten Lebak Provinsi Banten ini, agar segera dibangun oleh dinas terkait", Tuturnya.

"Kalau memang kasepuhan suku Baduy Dalam, mengharapkan jalan alternatif atau jalan Poros Desa, menuju wisawatan binong raya mandiri ini, ingin cepat di bangun dari Pemerintah daerah, saya akan sampaikan ke pusat dan akan di tembuskan ke RI satu". Kata salah satu Tokoh Provinsi Banten (Aka) H. Buya Sujana Karis. Pada Sabtu (8/7/2023).

Sementara itu, ketua ormas Badak Banten Perjuangan DPAC Kecamatan Cirinten (Puad Miftahusalam), menyampaikan ucapan terimakasih,
"Saya atas nama pribadi, perwakilan dari pengurus dan anggota ormas Badak Banten Perjuangan (BBP) DPAC Kecamatan Cirinten, dan juga masyarakat, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tokoh Banten (Aka) H.Buya Sujana Karis. Yang sudah mengunjungi tempat wisata Binong raya, dalam rangka silaturahmi antara para kasepuhan dan para tokoh Baduy dalam, semoga dalam acara silaturahmi kali ini menjadi berkah untuk kita semua, Aamiin...", Ucapnya.

"Kasepuhan suku Baduy yaitu (Ayah Mursid), adalah sosok yang sangat peduli terhadap masyarakat, baik di Baduy dalam atau pun Baduy luar. Oleh karena itu, sesungguhnya Baduy tidak pilih kasih, karena sejatinya kita adalah keluarga atau Baraya", Ungkapnya.

Terakhir, Ketua Ormas Badak Banten Perjuangan DPAC Kecamatan Cirinten (Puad Miftahusalam) menambahkan,
"Semoga saja (Aka) H. Buya Sujana Karis, sehat selalu dan senantiasa membatu kami mengupayakan meningkatkan infrastruktur pembangunan jalan Poros Desa Kebon Cau Kecamatan Bojongmanik Kabupaten Lebak-Banten khususnya, dan umumnya di wilayah Desa - Desa yang lain di wilayah Kabupaten Lebak-Banten. Cukup sekian dan terimakasih, itu saja yang dapat kami harapkan dengan masyarakat Baduy dalam maupun luar Baduy luar". Tukasnya

(Herlambang)

Komentar Anda

BACA JUGA