Selasa, 23 April 2024 02:39 WIB

Indonesia Vs Vietnam, Simon McMenemy Beberkan Alasan Perubahan Skuad

Senin, 14 Oktober 2019 19:39:17

Oleh: | 964 view

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy (kanan) bersama Stefano Lilipaly (tengah) dalam sesi jumpa pers jelang laga kontra timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Maya Sanur, Bali, Senin (14/10/2019).

 

KABARTIPIKOR.COM - Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, menjelaskan alasan perubahan susunan pemain dalam tiga laga terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia akan kembali bertanding dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019).

Laga ini cukup menentukan bagi Indonesia, terutama terkait peluang kelolosan ke putaran selanjutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023.


Dalam konferensi pers menjelang laga, pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengungkapkan alasannya yang selalu mengganti susunan pemain dalam tiga laga terakhir yang dilakoni oleh skuad Garuda.

Simon menjelaskan bahwa pergantian susunan pemain tersebut disebabkan kondisi pemain yang kelelahan usai menjalani pertandingan di liga.

Simon melihat jika para pemain utamanya kelelahan, sementara di bangku cadangan terdapat pemain yang lebih fit, maka lebih baik menggunakan pemain yang sedang berada dalam kondisi prima.

"Karena pemain lelah setelah menjalani liga. Di liga kita, setiap tiga hari sekali ada pertandingan, sehingga pemain kelelahan," tutur Simon.

"Ketika ada pemain yang lelah berlari dan di bench ada pemain yang lebih fresh, kenapa tak kami manfaatkan pemain itu?" ujarnya.

Simon menambahkan bahwa mereka yang baru bergabung ke timnas usai berlaga di kompetisi Liga 1 tidak sempat memulihkan kondisi tubuh sepenuhnya.

Akibatnya, rotasi pemain di timnas sangat diperlukan untuk memaksimalkan kekuatan tim.

"Ketika pemain datang ke timnas dari liga dan dalam kondisi lelah, tentu perlu waktu untuk mengembalikan kondisi fisik pemain," ucap pelatih asal Skotlandia tersebut.

"Tapi ketika masuk ke tim nasional, standar pemain jadi lebih tinggi, karenanya rotasi diperlukan untuk memaksimalkan potensi seluruh tim," katanya menambahkan.

Terkait dengan bergabungnya Octavio Dutra ke timnas jelang duel lawan Vietnam, Simon menyatakan bahwa Dutra sudah memiliki pengalaman bermain bersama timnas.

Oleh sebab itu, Simon menilai bahwa Dutra tidak akan kesulitan beradaptasi meskipun tidak mengikuti pemusatan latihan sejak awal.

Sesi jumpa pers timnas Indonesia yang diwakili Simon McMenemy (kedua dari kanan) dan Stefano Lilipaly (kedua dari kiri) jelang laga kontra Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Maya Sanur, Bali, Senin (14/10/2019).

"Mungkin dulu banyak yang tanya mengapa Dutra sering diajak ke timnas Indonesia padahal belum punya paspor, momen ini menjawab pertanyaan itu," ujar mantan pelatih timnas Filipina tersebut.

"Jadi ketika kami butuh dia dan dia sudah punya paspor, dia tak perlu waktu lagi untuk adaptasi dengan tim," ucapnya lagi.

Lebih lanjut, Simon tidak ingin menanggapi komentar pelatih Vietnam tentang keberadaan pemain naturalisasi yang ada di tubuh skuad Garuda.

Sebelumnya, pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo sempat menyinggung peta kekuatan Evan Dimas dkk yang turut diperkuat sejumlah pemain naturalisasi.

"Saya tak punya jawaban soal itu. Saya hanya memanggil pemain yang punya paspor Indonesia," kata Simon.

 "Saya rasa kalau Vietnam punya pemain naturalisasi mungkin juga akan dipakai," ujarnya menambahkan.

 

Sumber: bolasport.com

Komentar Anda

BACA JUGA