Jumat, 31 Mei 2024 01:19 WIB

Radio Ch109 Indo VWT bersama PWI Jakarta Barat kembali On Air gelar Tausiyah Ramadan

Senin, 10 April 2023 12:01:37

Oleh: aryo | 557 view

 

Tabloidtipikor.id JAKARTA - Di bulan suci ramadan tahun ini Channel 109 Radio Indo VWT bersama dengan PWI Koordinatoriat Jakarta Barat, kembali menggelar acara tausiyah secara On Air, acara disiarkan langsung dari kantor PWI Koordinatoriat Jakarta Barat, Jum'at (7/4/2023).

Faisal 6444 sebagai Humas PWI Koordinatoriat Jakarta Barat dan Motoris Chanel 109 yang mewakili penanggung jawab channel (PJC) Vientin, mengatakan acara ini digelar mulai tanggal 7 dan 14 april 2023, karena pelaksanaan ini On Air maka membutuhkan penataan khusus.

"Karena ini adalah komunikasi jarak jauh dari Sabang sampai Marauke, dan pesertanya juga dari Sabang sampai Marauke, jadi kita harus punya persiapan yang sangat matang," ujar Faisal 6444 selaku penyelenggara dan Host dari Jakarta, sedangkan Dita Dita Host dari Medan pada acara tersebut.

Selaku penceramah adalah Ustad Khairul Anwar dengan tema " Hormati Orang Tuamu dan Rawatlah Anak Yatim," ini adalah sesion lanjutan dari tahun sebelumnya.

Dalam ceramahnya, Ustad Khairul Anwar mengatakan manusia tidak terlepas dari perjuangan dan  jasa kedua orang tua kita terlebih ibu kita, sehebat apapun kita seberhasil apapun kita tapi orang kita mengalami hidup kita susah maka kita belum berhasil, kalau belum bisa membuat orang kita merasa bahagia. Dan kita tidak akan pernah bisa membalas jasa kedua orang tua kita. 

"Sebagai mana doa yang diajarkan, setiap orang tua menginginkan kita menjadi penyejuk hati orang tua, membuat bahagia orang tua," ucap Ustad Khairul Anwar. 

Ustad Khairul Anwar juga mengajurkan untuk mengikuti sunah Rosul untuk menyayangi anak yatim.

"Orang yang tidak menghargai anak yatim, mentelantarkan anak yatim,menghardik anak yatim, sebagaiman dalam Firman Tuhan adalah orang yang mendustakan agama," ujar Ustad Khairul Anwar. 

Pada momen tersebut juga di forum tanya jawab diberikan kepada para peserta. Karena keterbatasan waktu dan banyaknya peserta yang ingin bertanya maka cuma di persilahkan 10 orang saja untuk bertanya.

Penanya pertama adalah Purwono dari Simalungun bertanya tentang hakikat dari puasa.

"Mengapa manusia diwajibkan berpuasa, apa tujuan puasa dan apa hakikat dari berpuasa?," tanya Purwono.

Ustad menjawab seorang Islam diwajibkan selama satu bulan untuk berpuasa dan hal itu menjadikan jasmani dan rohani juga sehat dan menjadikan kita orang yang bertakwa.

Dul Chan Octa dari Medan bertanya, apakah Tuhan itu maha tahu? 

"Kalau Allah tahu kita akan berdosa, kenapa Allah tetap menciptakan manusia?", tanyanya.

Ustad Khairul Anwar mengatakan hakikat penciptaan manusia adalah Allah SWT ingin menunjukan kebesaran manusia yang sempurna.

"Tuhan ingin menunjukan kebesarannya, karyanya dengan penciptaan manusia," jawabnya.

Lidya Maura dari bertanya bagaimana dengan upload kita di media sosial di masa lalu foto diri tanpa hijab, siapakah yang menanggung dosanya.

Ustad Khairul Anwar mengatakan sebagaimana Allah SWT berfirman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.

"Pebuatan anak bisa membawa orang tua ke surga dan perbuatan anak juga bisa membawa orang tua ke neraka," jawabnya.

Pada sesi Tausiyah hari ini juga memberikan hadiah untuk 3 penanya 'terbaik'. Pemenang adalah Siti Rahma Ginting dari Tangerang, Bunda Faiza dari Lumajang dan Purwono dari Simalungun.

(Faisal6444)

Komentar Anda

BACA JUGA